Leave a comment

Belajar Matematika melalui Game Online

A. KidsKount sebuah Website Pendidikan

KidsKount merupakan salah satu website pendidikan yang diperuntukkan bagi anak-anak, guru, dan orang tua. Website ini adalah bentuk pengembangan media pembelajaran dalam pendidikan matematika realistik di Netherlands. Dalam proses pembelajaran di kelas, diharapkan siswa tidak menjadi peserta pasif, tetapi sebaiknya siswa dipandu untuk aktif dalam menemukan konsep matematika melalui mengerjakan dan menemukan sendiri. Konsep ini dapat diwujudkan dalam aktivitas pemecahan masalah melalui KidsKount dalam RekenWeb yang dapat dimainkan melalui komputer.

Penggunaan komputer sebaiknya dimasukkan ke dalam lingkungan sosial untuk menciptakan lingkungan belajar yang semakin variatif. Komputer dapat mendukung pembelajaran kolaboratif dan merupakan salah satu inovasi untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar dengan bantuan teknologi komunikasi dan informasi modern. Permainan dalam KidsKount yang dikembangkan oleh Institute Freudenthal, Universitas Utrecht, ditujukan untuk anak-anak usia sekolah dasar. Permainan ini dapat digunakan melalui beberapa cara yaitu siswa dan guru berkolaborasi di kelas atau di rumah mereka dapat memainkannya bersama orang tua atau teman.

Selanjutnya, ada beberapa tujuan pembelajaran dengan menggunakan KidsKount, antara lain:

1. Memperkaya materi matematika

Dalam KidsKount dapat dijumpai beberapa permainan yang sesuai dengan pembelajaran materi matematika dengan pengemasan yang lebih menarik. Misalnya menggunakan ilustrasi yang penuh warna, permasalahan yang jelas, dan kaya akan latihan soal. Di sini juga kaya akan konteks yang dapat membantu siswa menghubungkan masalah matematika dengan kehidupan nyata. Hal ini akan sangat membantu bagi sebagian siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran, geometri, bilangan, dan konteks matematika yang lain.

2. Mengeksplorasi kemungkinan dalam penggunaan internet

Dengan menggunakan KidsKount, dapat dilihat berapa banyak anak yang memainkan dan mengirimkan jawabannya ke database pusat. Dari hal tersebut dapat dilihat masalah apa yang sering dialami siswa dalam menyelesaikan masalah tertentu, sehingga dapat ditelaah dan dicari solusi untuk memecahkan masalah tersebut secara umum.

3. Memfasilitasi pembelajaran kolaboratif

Penggunaan teknologi sebaiknya dapat turut mempermudah dan memperkaya materi pelajaran matematika. Kita mengetahui bahwa ada perbedaan peran antara siswa dan guru. Oleh karena itu diperlukan bentuk kolaborasi yang bagus antar siswa, antara siswa dan guru, atau antara kelompok siswa dengan guru. Dengan menggunakan permainan dalam KidsKount dapat diciptakan suasana belajar di kelas dengan kolaborasi yang bagus.

4. Memperkecil jurang perbedaan antara belajar di sekolah dengan belajar di rumah

Belajar matematika dengan menggunakan KidsKount membuat siswa lebih nyaman untuk terus mencoba memecahkan masalah yang ada dalam beberapa bentuk permainan tersebut. Sehingga mereka kadang bisa saja tidak menyadari posisi sedang belajar di rumah atau di sekolah, karena suasana yang terbentuk akan sama-sama menyenangkan yang membuat mereka lebih nyaman dalam belajar.

B. Belajar Geometri melalui Colouring Sides pada RekenWeb

Ada beberapa macam permainan yang disajikan KidsKount dalam RekenWeb. Permainan itu terbagi ke dalam beberapa bagian yaitu: bilangan, pengukuran, dan geometri. Masing-masing dapat diimplementasikan ke dalam bentuk permainan sebagai berikut: Barney, Beads on a string, Book of Magic, Broken Calculator, Build at night, Build free-style, Building houses, Colouring sides 1 and 2, and so on. Untuk lebih detail mengenai macam permainan yang disajikan KidsKount dalam RekenWeb dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Gambar 1. Tampilan bermacam-macam permainan dalam KidsKount

Penggunaan permainan KidsKount dalam website ini tidak harus melalui internet, melainkan dapat fleksibel mengikuti kondisi yang ada. Sehingga anak-anak, guru, atau orang tua dapat menggunakannya di mana saja. Alternatif cara yang memungkinkan untuk tetap dapat menggunakan permainan ini adalah dengan membuatnya menjadi sebuah lembar kerja (worksheet). Hal ini dikarenakan tidak semua sekolah mempunyai sarana dan prasarana komputer atau internet yang memadai atau bisa saja saat suatu ketika terjadi pemutusan arus listrik, sehingga pembelajaran masih tetap dapat berlangsung dengan menggunakan permainan dalam KidsKount ini melalui lembar kerja siswa.

Salah satu jenis permainan yang dapat dimainkan dalam bentuk lembar kerja siswa adalah Colouring Sides. Permainan ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Colouring Sides 1 dan Colouring Sides 2 yang merupakan salah satu contoh aplikasi materi geometri. Tampilan dari permainan tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Gambar 2 (a) colouring sides 1

Gambar 2 (b) colouring sides 2

Pada permainan colouring sides 1, kita diarahkan untuk menentukan sisi yang sama dengan yang berwarna merah pada gambar yang diberikan kemudian mewarnai sisi yang bersesuaian tersebut. Sedangkan pada colouring sides 2, adalah kebalikannya. Kita diarahkan untuk menentukan sisi yang sama dengan yang berwarna merah pada jaring-jaringnya kemudian mewarnai sisi yang yang bersesuaian pada bangun yang terbentuk.

Dengan melakukan kedua permainan ini dimaksudkan untuk melatih kemampuan geometri siswa dalam sudut pandang (side seeing) dengan penalaran spasial (spatial reasoning) yang merupakan salah satu dari 6 konsep dalam realistic geometry. Berikut disajikan contoh bentuk lembar kerja siswa yang dibentuk dari permainan tersebut dan selanjutnya dapat didownload disini.

Selamat belajar :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: