Leave a comment

Cara Cerdas Belajar Matematika melalui Permainan Catur

Hal yang paling mendasar dalam Matematik adalah menyediakan fondasi khusus bagi anak-anak yang akan diperlukan sepanjang kehidupan mereka. Kita berpikir bahwa bahwa hal dasar yang dipelajari dalam Matematika adalah menambahkan, mengurangi, memperbanyak dan membagi. Hal ini tentunya perlu ditinjau lagi. Sekarang ini, kita hidup di dalam arus informasi yang begitu cepat. Keterampilan dasar yang perlu kita miliki seperti pembuatan keputusan, pemecahan masalah, pemikiran kritis dan pemberian alasan induktif seiring dengan kemampuan untuk membuat perkiraan yang bijaksana. Kita mungkin belum bisa menyukai matematika tetapi kita pasti telah cinta permainan kita, yaitu catur. 

Catur adalah satu permainan yang memerlukan kemampuan pemecahan masalah. Matematika juga memerlukan kemampuan pemecahan masalah, maka untuk menjadi seorang pembahas masalah yang baik berarti kita harus melakukan secara lebih baik di matematika. Catur memerlukan suatu latihan mental, selain pemikiran, perencanaan, menjadi sistematis, dan penentu hasil dengan gerakan tertentu. Perpindahan gerakan catur tidak dapat dihafal, kelemahan di matematik sering bersumber dari satu penekanan pada keterampilan ingatan dari pada berpikir keterampilan. Penelitian menunjukkan bahwa siswa bermain catur mengalami peningkatan dalam keterampilan pemecahan masalah. Ollie LaFreniere, Koordinator Catur Federasi Washington untuk Catur yang mengenai pelajaran, mengatakan bahwa Catur menjadi satu-satunya alat paling efektif dalam bidang pendidikan, dan banyak pengurus sekolah sedang menyadari tersebut. Selain itu, dalam belajar ditandai dengan meningkatnya kebiasaan adat bermasyarakat para siswa. Sejalan dengan hal tersebut, Faneuil Adams, presiden American Chess Foundation (ACF), meyakini bahwa catur dapat meningkatkan minat belajar, kemampuan pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah.

Laporan dari ACF menyatakan bahwa Catur dapat meningkatkan kemampuan anak dalam hal: memory visual, tingkat perhatian, keterampilan penalaran spasial, kapasitas prediksi dan antisipasi dari konsekuensi, dan kemampuan untuk menggunkan kriteria yang mengarahkan dlam pengambilan keputusan dan alternatif evaluasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: