Leave a comment

Belajar Soal Problem Solving

Matematika tidak dapat terlepas dari problem solving. Belajar matematika identik dengan learning by doing, seseorang dikatakan telah belajar matematika jika di tangannya dilengkapi dengan pensil dan kertas untuk menuliskannya, mencoba mencorat-coret ide dari masalah, memahami masalah matematika, menganalisis, menemukan strategi penyelesaian yang tepat, serta menyelesaikan masalah itu dengan teliti dan tepat.

Ibarat jalan di tengah semak-semak, apabila sering dilewati orang, maka jalan itu akan semakin mudah untuk dilalui. Demikian juga dengan matematika, semakin banyak latihan  maka semakin mudah, terampil, dan cepat dalam merespon dan menyelesaikan masalah matematika. Salah satunya adalah dengan membiasakan diri belajar soal problem solving akan dapat meningkatkan kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah secara matematis dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis.

Ada beberapa strategi dalam pemecahan masalah misalnya menebak secara bijak dan mengujinya (Intelligent guessing and testing) dan penemuan pola (finding pattern). Adapun materi tentang contoh soal problem solving yang dapat diselesaikan dengan strategi tersebut akan disajikan pada kesempatan selanjutnya. To be continue…

I love mathematics..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: